Informasi Terbaru KKM Tahun 2020

Diposting pada

Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) UNTIRTA Tahun 2020 ini dirancang secara spesial karena dilaksanakan pada kondisi pendemi COVID-19 yang sedang dihadapi Indonesia dan dunia. KKM ini merupakan suatu bentuk pendidikan dengan cara memberikan pengalaman belajar kepada mahasiswa untuk melatih mahasiwa meningkatkan kapasitas dirinya dengan cara terlibat langsung berperan serta melakukan upaya membantu masyarakat di daerah asalnya masing-masing untuk pencegahan, pemutusan rantai penyebaran COVID- 19, meningkatkan ketahanan masyarakat di kampung/desa/daerah nya sendiri untuk siaga, sigap dan tangguh menghadapi bencana wabah COVID-19.

Mahasiswa bersama warga masyarakat, aparatur kampung/desa/daerah secara langsung terlibat bersama-sama melakukan kegiatan edukasi, sosialisasi untuk memahami COVID-19, bahayanya, pencegahan penularan, memutuskan rantai penyebaran COVID-19, paham protokol interaksi dalam masa wabah COVID-19, meningkatkan kesadaran masyarakat untuk patuh dengan aturan dan himbauan pemerintah.

Mahasiswa juga terlibat berperan aktif untuk melakukan upaya peningkatan ketahanan ekonomi, pangan, sosial, pendidikan dan budaya masyarakat serta memanfaatkan dan mengembangkan potensi sumber daya manusia dan sumber daya alam yang ada di kampung/desa/daerah untuk menjadi kampung/desa/daerah yang tangguh bencana COVID- 19 serta menjadi kampung/desa/daerah yang mandiri meskipun dalam masa wabah COVID-19

Dalam keadaan yang serba terbatas, KKM ini tetap diharapkan agar secara akademis menjadi legal, sesuai dengan aturan-aturan akademik sebagai bentuk tanggung jawab Tri Dharma perguruan tinggi. Melalui KKM Tahun 2020 ini UNTIRTA ingin berkontribusi melakukan upaya pencegahan dan penanggulangan wabah COVID-19 dengan melibatkan mahasiswa ke seluruh pelosok daerah di tempat mahasiswa berasal.

Program ini mengedepankan social dan physical distancing. Peserta KKM diarahkan untuk melakukan kegiatan, mengimplementasi program kerja di lokasi tempat tinggal masing-masing dengan memprioritaskan kontak non-fisik. Proses pendampingan, pembimbingan, monitoring dan evaluasi serta pengembangan kompetensi akademik, kompetensi sosial mahasiswa oleh DPL dengan metode dalam jaringan (daring) atau online.

Tanggal-tanggal Penting KKM:

Perhatikan tanggal PENTING berikut:

  1. PENDAFTARAN: 29 Mei – 30 Juni 2020
  2. PENGUMUMAN : 7 Juli 2020
  3. PEMBEKALAN : Antara Tanggal 14 – 17 Juli 2020
  4. PELEPASAN : 20 Juli 2020

Panduan KKM Tahun 2020 dapat diunduh pada tautan berikut ini: PANDUAN KKM 2020

Pendaftaran Mahasiswa KKM pada tautan berikut ini :  DAFTAR MAHASISWA KKM 2020

Pendaftaran DPL (Dosen Pembimbing Lapangan) KKM pada tautan berikut ini: DAFTAR DPL KKM 2020

Selamat berkarya dan berinovasi dalam KKM!

Ttd.

LPPM UNTIRTA