Workshop Reviewer Internal Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat LPPM Untirta Tahun 2020

Diposting pada

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Untirta melaksanakan kegiatan Workshop Reviewer Internal Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat yang dilaksanakan secara online atau daring, di tengah tengah situasi Pandemi Covid-19 yang berjalan dengan lancar dan sukses.

Kegiatani ini dilaksanakan selama 2 hari, pada acara pembukaan workshop pada hari Senin tanggal 11 Mei 2020 yang dihadiri oleh Rektor Untirta, Ketua LPPM Untirta, Sekretaris LPPM Untirta, dan Tim penyelenggara penelitian dan pengabdian pada masyarakat Internal Untirta baik dari pihak LPPM dan para koordinator penelitian fakultas/pascasarjana serta para reviewer internal Untirta. Dalam pembukaan workshop yang di mulai pada pukul 09:30 yang dibuka secara langsung oleh Rektor Untirta Prof. Dr. H. Fatah Sulaeman, MT. dalam sambutannya rektor mengucapkan selamat kepada reviewer terpilih rektor juga mengharapkan adanya paradigma baru dalam bidang penelitian dan pengabdian. Dalam arahannya rektor mengungkapkan bahwa reviewer itu penting yang salah satu fungsinya untuk mengumpulkan data best para peneliti kita posisinya sudah sampai mana, posisi kualitas dan kualifikasinya, sehingga data best itu perlu untuk referensi dan menentukan arah kebijakan kedepan dalam bidang penelitian dan pengabdian.

Sebelum acara pembekalan para reviewer terlebih dahulu dilakukan pree test bagi para reviewer terpilih. Acara selanjutnya adalah sambutan dan arahan dari Ketua LPPM Dr. Rusmana,  MP. Mengenai Persamaan Presepsi para Reviewer Dan dilanjut dengan paparan dari Dr.-Ing. Iman Santoso, M.Sc.  yaitu Tata Kelola PPM Internal Untirta dan Pelatihan Penggunaan Aplikasi Simpenmas untuk Reviewer.

Pada sesi selanjutnya yaitu pembekalan mengenai Teknik Mereview Proposal PPM (Penelitian dan Pengabdian Masyarakat) dengan nara sumber Prof. Dr.rer.nat. Heru Susanto, ST., MM., MT. yang merupakan salah satu reviewer nasional dan juga sebagai Wakil Rektor Bidang Sumber Daya Universitas Diponogoro.

Pada akhir acara para reviewer terpilih melaksanakan post test dengan hasil yang memuaskan dan semuanya dinyatakan lulus sebagai reviewer internal Untirta untuk mereview proposal penelitian dan pengabdian masyarakat tahun 2020.