Launching Komunitas Peduli Pencegahan dan Penanganan Tindak Pidana Perdagangan Orang Tahun 2018 di Kec. Panimbang, Kab. Pandeglang

LPPM bekerja sama dengan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak mengadakan acara talkshow yang bertajuk “Launching Komunitas Peduli Pencegahan dan Penanganan Tindak Pidana Perdagangan Orang Tahun 2018”.

Acara kali ini diselenggarakan di luar Kampus Untirta, yakni di Kantor Kecamatan Panimbang di Kabupaten Pandeglang.

Acara diselenggarakan pada tanggal 11 Desember 2018 dan dimulai tepat jam 09.00 WIB. Acara talkshow ini dihadiri oleh 34 undangan dan 29 kader  yang surat undangannya telah disebar ke tiap perangkat desa di lingkungan Kecamatan Panimbang.

Dr. H. Benny Irawan, SH., MH., M.Si selaku Ketua LPPM membuka acara talkshow. Pada pembukaan tersebut beliau menuturkan bahwa human trafficking telah menjadi masalah yang serius untuk daerah yang baru mengalami pemekaran seperti Panimbang ini.

Ibu Dr. Inge Dwisvimiar, SH., M.Hum selaku ketua panitia memberikan sambutan pertamanya. Menurutnya, Tol Panimbang sangat berpotensi untuk terjadinya human trafficking. Guna mencegah itu semua maka perlu dilakukan sosialisasi pada acara talkshow ini.

Acara talkshow ini dipandu oleh Bapak Muhamad Uut Lutfi dosen dari Fakultas Hukum. Narasumber sebagai pembicara antara Ibu Hj. Erminawati dari DP3KB dari Kab. Pandeglang, dari perwakilan DP2KB3A Kab. Pandeglang, Perwakilan dari Polsek Panimbang, dan tentu saja selaku tuan rumah Camat Panimbang, Bpk Drs. Suhaebi.

Peserta yang sebagian besar warga Panimbang terlihat antusias mengikuti  talkshow. Terlihat dari saat narasumber memaparkan obrolannya dan peserta memperhatikan dengan serius. Dan ketika sesi tanya jawab, banyak peserta yang mengajukan pertanyaan terhadap narasumber guna mencari kejelasan tentang unek-unek mereka.

Sebagai penutupan, narasumber dan peserta membubuhkan tanda tangan sebagai bentuk perlawanan terhadap perdagangan orang. Tim LPPM pun turut poto bersama narasumber pada sesi akhir sebagai kenang-kenangan. (BIK)