Workshop : Optimalisasi Fungsi dan Peran Pusat Penelitian Lingkungan Hidup

Unit Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) kembali mengadakan workshop yang bertajuk “Optimalisasi Fungsi dan Peran Pusat Penelitian Lingkungan Hidup”. Acara tersebut diselenggarakan selama 2 hari, yaitu 19-20 Oktober 2018 di Hotel Fame, Serpong.

Sebanyak 69 peserta undangan mengikuti acara workshop tersebut. Undangan tersebar ke seluruh unit fakultas di lingkungan kampus Untirta.

Pukul 17.30 Dr. H. Benny Irawan, SH., MH., M.Si selaku ketua dari LPPM membuka acara workshop tersebut. Diikuti oleh sambutan dari Dr. Mirajiani, SP, M.Si sebagai ketua pelaksana, lalu diselingi ISOMA dan tepat pukul 19.30 sesi pertama dimulai. Workshop hari pertama dibagi menjadi 2 sesi. Sesi pertama Ir. Wisnu Eka Yulyanto  selaku narasumber dan bertindak sebagai moderator Dr. Ing Iman Santoso, M. Sc. Dalam sesi pertama tersebut narasumber memberikan pentingnya menjaga lingkungan untuk keberlangsungan makhluk hidup didalamnya, khususnya di propinsi Banten. Selanjutnya sesi kedua dimulai tepat pukul 21.00 dengan coffee break sebelumnya.

Pemateri kedua oleh Arief Bagus Arjuna selaku HSE Manager PT. Dover Chemical sekaligus Ketua Zona III Merak Industrial MIERT, dan masih dengan moderator yang sama pada sesi pertama. Pemateri kedua memaparkan tentang kawasan industri di Kota Cilegon yang sudah menjadi industri kimia terbesar no. 1 di Indonesia. Beliau juga memaparkan banyak perusahaan di Kota Cilegon yang tidak mengindahkan AMDAL yang sudah ditentukan pemkot setempat.

Pukul 22.30 sesi kedua berakhir, peserta dan panitia dipersilahkan untuk beristirahat di kamar masing-masing yang sudah diberikan kartu kamar oleh panitia workshop. Meski terlihat lelah, peserta banyak yang antusias dengan workshop pada hari pertama tersebut.

Keesokan harinya, peserta dipersilahkan untuk sarapan terlebih dahulu sebelumnya di restoran yang telah disediakan panitia sebelum dimulai acara workshop sesi III. Sesi ketiga dimulai pukul 09.00 dengan Dr. Hefni Effendi selaku Kepala PPLH IPB sebagai pemateri dan Ikhsan Ahmad, M. Si. Materi yang diberikan berkisar tentang “Pengembangan Kelembagaan dan Peningkatan Kapasitas SDM untuk Kehandalan Pusat Penelitian Lingkungan Hidup”. Meski hari terakhir, peserta masih bersemangat mengikuti rangkaian kegiatan workshop.

Tepat pukul 11.00 acara kegiatan workshop ditutup. Seyogyanya workshop ditutup oleh Sekretaris LPPM, Drs. H. Hidayatullah Haila, MM, tetapi dikarenakan beliau kurang sehat, maka acara ditutup oleh Ketua Pelaksana, Dr. Mirajiani, SP, M.Si. Acara selama 2 hari tersebut berlangsung sukses, dan tepat pukul 14.00 peserta dan panitia melakukan check out dari hotel.