Workshop Drafting Paten

Diposting pada

Pada hari Senin tanggal 14 Desember 2020 telah dilaksanakan kegiatan Workshop Drafting Paten yang diselenggarakan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Acara kegiatan workshop dihadiri oleh Sekretaris LPPM Untirta Prof. Dr. Yeyen Maryani, Dra., M.T. walaupun beliau hadir secara online dan sekaligus membuka acara pada kegiatan workshop tersebut. Narasumber Ir. Susilo Wardoyo. Dan Dwi Jatmiko dari Kemenhumkam yang langsung menangani di bidang paten, hadir pula Para Korpus LPPM Untirta, Kabag TU LPPM Untirta, para Kasubbag dan Staf LPPM Untirta serta para peserta dari perwakilan fakultas yang ada di lingkungan Untirta.

Pada acara pembukaan diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan sambutan pertama oleh Ketua Pelaksana Dr. Erwin, ST., MT. yang sekaligus mendampingi narasumber sebagai moderator. Kegiatan ini diikuti oleh para dosen yang mendapatkan hibah penelitian yang didanai oleh Untirta dari berbagai fakultas yang ada di lingkungan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, yang dari hasil luaran para peneliti berpotensi mengarah ke hasil luaran berupa paten.

Pada acara pembukaan sekretaris LPPM Untirta dalam arahanyya bahwa paten sangat diperlukan untuk Untirta dalam hal ini LPPM ataupun Fakultas karena merupakan untuk pengukuran sebuah kinerja dan juga sangat penting untuk para dosen untuk kenaikan angka kredit, juga produknya bisa melindungi hasil penelitian untuk tidak diakui oleh peneliti yang lain. Dan peserta kali ini merupakan hasil seleksi yang penelitiannya berpotensi untuk di daftarkan paten sebagai luarannya. Dan dengan adanya kegiatan ini LPPM memfasilitasi para peneliti untuk mendaftarkan hasil luarannya ke LPPM baik berupa Paten maupun hasil ciptaannya untuk didaftarkan. Sekretaris berharap semoga jumlah pendaftar hak paten Untirta dapat meningkat.

 

Acara berlangsung dengan lancar dan tertib sampai selesai dan pada acara penutupan workshop di tutup oleh Ketua LPPM Dr. Rusmana, Ir., MP. Karena pada acara pembukaan workshop beliau sedang mengikuti acara Sidang Senat Pelaksanaan Wisuda Untirta di Sindangsari. Selama kegiatan workshop ini peserta tetap menerapkan protocol kesehatan Covid-19.