Workshop Penyusunan Proposal Pengabdian Kompetitif Nasional

Diposting pada

Pada hari Selasa dan Rabu, tanggal 20 – 21 Oktober 2020 telah dilaksanakan kegiatan Workshop Penyusunan Proposal Pengabdian Kompetitif Nasional yang diselenggarakan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Sultan Ageng Tirtayasa dalam rangkaian kegiatan Dies Natalis ke 39 Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Acara kegiatan workshop dihadiri oleh Rektor Untirta Prof. Dr. Fatah Sulaeman, ST., MT. Ketua LPPM Untirta Dr. Rusmana, Ir., MP. Sekretaris LPPM Untirta Prof. Dr. Yeyen Maryani, Dra., M.T. Narasumber Dr. Sri Ratna. ST. MT. dari Universitas Lampung, Para Korpus LPPM Untirta, Kabag TU LPPM Untirta, para Kasubbag dan Staf LPPM Untirta serta para peserta dari perwakilan fakultas yang ada di lingkungan Untirta.

Pada acara pembukaan diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan sambutan pertama oleh Ketua Pelaksana Dr. Deswita Herlina, SE., MM. Beliau mengatakan bahwa kegiatan ini diikuti oleh perwakilan  peserta dari 7 fakultas yang sebelumnya peserta sudah mempunyai proposal pengabdian dengan tujuan mampu memotifasi dosen untuk ambil bagian memasukkan proposal ke hibah dikti pada pendanaan tahun 2021 ini. Sambutan kedua yaitu Ketua LPPM Untirta beliau memaparkan salah satu tujuan diadakan kegiatan ini adalah untuk mengevaluasi kegiatan pelaksanaan pengabdian yang dirasakan masih rendah dan akan mengevaluasi berapa yang mengajukan proposal pengabdian dan berapa yang lolos atau didanai dalam kegiatan pengabdian ini setelah kegaitan workshop. Ketua LPPM juga mengharapkan kepada semua peserta yang mengikuti kegiatan workshop pengabdian ini wajib memasukkan proposal pengabdian ke hibah dikti.

Rektor Untirta dalam sambutannya mengutarakan bahwa salah satu strategi untuk meningkatkan peringkat/ranking perguruan tinggi salah satunya yaitu dilakukan pelatihan pelatihan seperti workshop sekarang ini dan menurut rektor sebuah proposal penelitian maupun pengabdian juga dapat menjadi parameter kinerja seorang dosen, karena salah satu tupoksi dosen secara tanggung jawab moral adalah melakukan Tridarma Perguruan Tinggi. Pada akhir sambutan rektor menargetkan untuk tahun kedepan Untirta masuk dalam peringkat ke 75 secara nasional. Dan dengan mengucap bismillahirrohmannirrohim rektor membuka acara Workshop Penyusunan Proposal Pengabdian Kompetitif Nasional, dengan tetap mengikuti protokol kesehatan covid-19.

Hari pertama pelaksanaan workshop dengan narasumber Dr. Sri Ratna. ST., MT. dosen Universitas Lampung dan juga merupakan reviewer nasional dengan mengusung tema “Pemaparan Program Pengabdian pada Masyarakat Kompetitif Nasional dengan Skema Hibah Dikti” dengan didampingi oleh moderator Dr. Suwaib Amirudin, M.Si. Pada hari ke dua pelaksanaan workshop dengan narasumber Dr. Nining Latianingsih SH., MH. Dosen Politeknik Negeri Jakarta semula akan dilakukan secara offline karena sesuatu hal yang mendesak beliau tidak bisa hadir secara langsung maka dilakukan secara daring tetapi tidak mengurangi antusias peserta untuk mengikuti acara ini sampai selesai, dengan materi Latihan Penyusunan Proposal Pengabdian dari masing-masing Fakultas dengan didampingi moderator Prof. Dr. Meutia, SE., MP. Acara berjalan dengan lancar dan tertib sampai selesai.