Pelepasan Mahasiswa KKM Tematik Tahun 2020 LPPM Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Diposting pada

Pada hari Senin tanggal 20 Juli 2020 telah dilaksanakan acara pelepasan mahasiswa Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) Tematik Tahun 2020 yang dilaksanakan di ruang rapat Rektorat lantai 2 yang dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang I, Wakil Rektor Bidang II Wakil Rektor Bidang III, Ketua LPPM, Sekretaris LPPM para Dekan dilingkungan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Kepala BAKP, Para Korpus dan Kapuslit, Kabag TU LPPM, para Kasubag LPPM serta 2 orang mahasiswa sebagai perwakilan dari peserta KKM yang akan di lepas pada hari ini. Acara pelepasan KKM juga di ikuti oleh para DPL serta peserta KKM melalui zoom meeting dan di siarkan langsung juga oleh Untirta-TV melalui Live Streaming Youtube, mengingat pelaksanaan acara harus mematuhi prosedur protokol kesehatan Covid-19.

Pada acara sambutan pertama disampiakan oleh Ketua pelaksana KKM Reguler Tahun 2020, Bapak Dr. Suwaib Amiruddin dalam sambutannya KKM kali ini mengusung tema “tetap produktif di era covid-19 untuk membangun bangsa dan masyarakat”. Peserta KKM Reguler Untirta tahun 2020 berjumlah 2044 mahasiswa dari berbagai fakultas dengan jumlah peserta terbanyak dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), dikarenakan KKM kali ini dilaksanakan di masa pandemi covid-19 maka peserta KKM dilaksanakan di daerahnya masing masing dengan pembagian wilayah ada di wilayah sumatera (Lampung, Sumsel, Sumbar, Sumut, Riau, Babel dan Bengkulu), Jawa Bagian Timur dan Bagian Kawasan Timur (Jabar, Jateng dan Jatim, Papua dan NTT) Banten dan Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Pelaksanakan kegiatan akan diselenggarakan pada tanggal 20 Juli 2020 sampai dengan tanggal 20 Agustus 2020 dengan jumlah kelompok peserta KKM yaitu 150 kelompok, dibimbing oleh Dosen Pembimbing Lapngan (DPL) 150 dosen dan Koordinator wilayah sebanyak 21 orang. Karena KKM kali ini dilaksanakan di masa pandemi maka pelaksanaan KKM tidak bertemu secara langsung tetapi lebih banyak dilakukan melalui daring.

Sambutan yang kedua oleh Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Bapak Dr. Rusmana, Ir., MP. Dalam sambutannya ketua LPPM patut bersyukur dan kepada peserta KKM serta para DPL semoga selama menjalani KKM selama satu bulan tetap diberi kesehatan dan mampu menjalankan rangkaian kegiatan dengan tetap mematuhi protocol kesehatan covid-19. Dan mengucapkan terimakasih kepada Untirta-TV dan Kepala Pusdainfo yang terus bersinergi mendampingi acara acara kegiatan KKM ini mulai dari pendataan dan siaran pembekalan yang telah dilaksankan.

Rektor dalam sambutannya yang dalam hal ini diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Akademik Pengembangan Inovasi Pengabdian dan Hilirisasi Bapak Dr. Agus Sjafari, S.Sos., M.Si. meskipun adanya pandemi Covid-19 KKM tahun ini tetap bias dilaksanakan walaupun pelaksanaanya berbeda dengan KKM tahun sebelumnya, tetapi KKM tahun ini lebih luas sebarannya karena peserta KKM tersebar dipenjuru nusantara, kalau saya bisa menyebut KKM ini termasuk KKM Nasional mungkin perwujudan Untirta untuk Negeri wakil rektor juga berharap kepada semua peserta KKM bisa menunjukkan dedikasi, integritas dan selalu menjalankan program program yang sudah ditentukan dan selalu berkoordinasi dengan DPL dan Korwil sehingga program bisa terlaksana dengan baik dengan tetap mengacu kepada protokol kesehatan. Dan kepada seluruh peserta KKM selalu menjaga kesehatan.
Pada akhir acara Wakil Rektor bidang I meresmikan acara pelepasan mahasiswa KKM dengan memakaikan jas almamater kepada perwakilan peserta KKM Reguler tahun 2020 yang diwakili oleh 2 orang mahasiswa peserta yaitu mahasiawi dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Untirta sdr Febiola Abdi Wiguna dan mahasiswa dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Untirta sdr Mochamad Ulul Adjmie.