Untirta Berduka


Innalillaahi wa inna ilayhi raaji’uun. Keluarga besar LPPM-Untirta mengucapkan turut berduka cita atas wafatnya Prof. Dr. Ir. Rahman Abdullah, M.Sc. mantan Rektor Untirta. Beliau berpulang ke Rahmatullah Pada Hari Ahad di Rumah Sakit Husada Jakarta, 04 Juni 2017, pukul 04:20 WIB, akibat serangan jantung. Semoga Almarhum diberikan tempat yang sempurna di sisi Nya serta di ampuni segala dosa-dosanya. Mudah-mudahan diberikan kekuatan dan keihklasan lahir batin pada semua keluarga yang ditinggalkannya. 

Almarhum dilahirkan di Pangkajene Sidrap Sulawesi Selatan, 22 Mei 1961. Aktif sebagai Guru Besar dan meraih gelar Profesor dalam bidang Regional Development Planning & Settlement Infrastructure. Memperoleh gelar Insinyur (S1) pada tahun 1987 bidang Teknik Arsitektur dari Universitas Hasanuddin Makassar Sulawesi Selatan dan gelar M.Sc (S2) pada tahun 1993 bidang Teknik Arsitektur ITB Bandung dan Recognizing M.Sc Degree dari der Georg-August Universitat zu Gottingen, Jerman. Sedangkan gelar Doktor (S3) di peroleh pada tahun 2000 dari der Georg-August Universitat zu Gottingen Jerman di bidang Rurale Entwicklung (Rural Development Planning).

Dari tahun 2011 hingga akhir hayat beliau masih aktif sebagai anggota Dewan Pertimbangan Univeristas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta). Mengajar dari tahun 2008 pada Jurusan Teknik Sipil Untirta. Prof. Rahman pernah menjabat sebagai Rektor Untirta pada 2007 - 2011 dan anggota Detasering Dikti pada 2005 – 2006. Beliau rajin menulis buku di antaranya berjudul Infrastruktur dan Pola Pemukiman : Suatu Upaya Peningkatan Produktifitas Penduduk Kawasan Penyangga Kota tahun 2014 dan sebagai narasumber di antaranya dialog publik membawakan artikel ilmiah berjudul Transportation, People Distribution & Settlement Patterns dan lain sebagainya. Prof. Rahman juga memiliki pengalaman merumuskan kebijakan Publik pada 2014 sebagai Tim Penyusun Evaluasi kinerja Pembangunan Daerah Bidang Infrastruktur/Prasarana Wilayah Kerjasama UNTIRTA – BAPPENAS; Alumnus Lembaga Ketahanan Nasional RI (Lemhannas) IKAL PPSA ke XVI tahun 2009 dan pada tahun 2012 memperoleh Penghargaan Satyalancana Karya Satya XX Tahun dari Presiden RI. Beliau juga merupakan reviewer untuk penelitian internal di LPPM Untirta.

Selamat jalan Prof. Rahman, kami kan selalu mengingat joke-joke, ilmu-ilmu dan petuah bijakmu. Semoga kita semua bisa meneladani karyamu dan mengikuti jejakmu sebagai dosen serta ilmuwan yang paripurna....Amin. YRA.




Berita Terkait

Pengumuman Pemenang Penelitian Internal dan Penelitian Desentralisasi Internal Untirta Tahun 2017

Diberitahukan dengan hormat bahwa Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Sultan Ageng Tirtayasa telah melakukan seleksi pr..

Penandatanganan Kontrak Hibah Penelitian (Research Grant) IDB-UNTIRTA

LPPM dan PIU IDB Untirta mengadakan kegiatan penandatanganan kontrak Hibah Penelitian (Research Grant - RG) IDB-UNTIRTA bagi Dosen Perguru..

Penerimaan Proposal Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat untuk Pendanaan Tahun 2018

Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) Ditjen Penguatan Riset dan Pengembangan mem..

Program Hibah Penulisan Buku Ajar Tahun 2017

Dalam rangka menindaklanjuti hasil-hasil penelitian di lingkungan perguruan tinggi, Direktorat Pengelolaan Kekayaan Intelektual, Direktorat Jendera..

Audiensi Tim LPPM dengan Bappeda Kab. Serang

Serang, 8 Mei 2017 Tim LPPM melakukan audiensi dengan Bappeda Kabupaten Serang. Pertemuan ini membahas perjanjian kerjasama antara..