Sosialisasi Riset IDB


(dikutip dari untirta.ac.id)

Pada Hari Senin 05/09/2016 pukul 09.30 WIB bertempat diruang Auditorium Gedung B Untirta dilaksanakan Sosialisasi Riset IDB (Islamic Development Bank). Acara dihadiri oleh Direktur Eksekutif IDB, Dr. Agung Sudrajat. Eng, Ketua LPPM Dr. H. Benny Irawan, Sekertaris LPPM Drs. H. Hidayatullah Haila, MM, Kabag Tata Usaha LPPM Drs. Ujang Rivai, MM, Kasubag Umum LPPM Uud Fahiruzd SE, Korpus Lingkungan Hidup dan Mitgasi Bencana Dr. Mirajiani SP. MP, Dr. Hj. Enggar Utari, dan Para Dosen.

Sambutan pertama yang disampaikan oleh Direktur Eksekutif IDB, dalam paparannya mengenai hibah penelitian perguruan tinggi mengenai proyek pengembangan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa sebagai pusat unggulan (food Security) untuk memperkuat daya saing Bangsa. Hibah penelitian (Research Grant) ini sepenuhnya disupport oleh LOAN IDB sebesar sebesar 700 milyar, meliputi Pembangunan Kampus Untirta Sindang Sari Kabupaten Serang, Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) berupa penelitian, program beasiswa bagi Dosen sebanyak 20 orang untuk melanjutkan ke S3 diluar negeri, adapun jumlah penelitian sebanyak 50 judul riset dikelola oleh LPPM untuk peneliti dari Untirta untuk berbagai Fakultas dan Jurusan yang terkait Food Security yang diintruksikan oleh Kemenristekdikti. Besaran bantuan dana bagi peneliti terbagi 3 sampai 4 orang perkelompoknya, dengan nilai sebesar 7500 dolar. Beliau berharap bagi peneliti harus menghasilkan karya yang berguna untuk peneliti itu sendiri dan Untirta pada umumnya. Beliau mengucapkan terima kasih kepada LPPM atas program riset ini untuk capaian kegiatan tersebut.

Sementara dalam sambutan yang disampaikan oleh Ketua LPPM Dr. H. Benny Irawan mengatakan, LPPM sebagai Lembaga yang memiliki otoritas penuh dalam hal Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat yang bekerjasama dengan Planning Implementation Unit (PIU) IDB Untirta untuk mengelola sepenuhnya kegiatan hibah Penelitian (Research Grant) dengan suport pendanaan dari IDB ini. Beliau menyampaikan Hibah Penelitian ini merupakan kesempatan yang sangat baik bagi bapak/ibu para Dosen untuk mendapatkan dana yang cukup besar dan dapat dimanfaatkan dalam pelaksanaan penelitian yang berkualitas, dan outcome yang diharapkan yaitu menjadi modal dasar terbentuknya Pusat Unggulan IPTEK (PUI) bidang food security di Untirta. Adapun yang mendapatkan Konsorsium Riset 4 in 1 yang diamanatkan oleh Kemenristekdikti ada 4 Universitas, yaitu Universitas Jember, Universitas Mulawarman, Universitas Negeri Malang dan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, dengan masa penelitian selama 1 tahun.

Selanjutnya acara diskusi dan tanya jawab yang disampaikan oleh Dr. Mirajiani. SP. MP., Dr. Alimudin.ST., MM., MT, dalam diskusinya dijelaskan bahwa peneliti harus dosen berstatus dosen tetap dan aktif memiliki NIDN dan NIP. Beliau menjelaskan tentang kriteria tentang pengusulan bagi peneliti, peneliti harus S2 atau S3, mempunyai track record yang relevan dengan penelitian yang diusulkan. Beliau juga menjelaskan luaran penelitian berupa publikasi jurnal ilmiah bereputasi international dan Nasional, HKI, makalah harus diseminarkan, teknologi tepat guna, rekayasa sosial, buku ajar harus ISBN, Prototype atau dokumen bukti luaran. Dr. Alimudin. ST., MM., MT dalam paparannya menjelaskan kenapa harus food Security?. Karena di Provinsi Banten 84 pph (Pola Pangan Harapan) sementara Nasional baru 83 persen dan propinsi Banten sudah melampui target, apa yang diharapkan oleh Kemenristekdikti, Untirta harus menjadi unggulan Food Security, Road Map Food Security mewakili beberapa Fakultas. Ia mengharapkan PPH Provinsi Banten bisa meningkatkan dan dipertahankan. (Anas Humas).




Berita Terkait

KKN napak tilas Universitas Hasanudin Kunjungi Untirta

(di kutip dari untirta.ac.id)

Universitas Sultan Ageng Tirtayasa pada tanggal 26-092016 kedatangan rombongan mahasiswa/i makasar yang sedan..

Untirta Award Dies Natalis ke 35

Pada hari Jumat, (31/09/2016) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) dalam rangkaian acara Dies Natalis ke-35 menyelenggarakan acara malam pe..

Hasil Penelitian Internal Tahun 2016 UNTIRTA

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Sultan Ageng Tirtayasa telah melakukan seleksi proposal Program Penelitian dan Peng..

Kunjungan Ketua LPPM ke Lokasi KKM Mandiri 2016

Pada tanggal 19 Januari 2016 Ketua LPPM Universitas Sultan Ageng Tirtayasa beserta jajarannya melakukan kunjungan ke lokasi KKM Mandiri sekaligus m..

Kunjungan Rektor Untirta ke Lokasi KKM

Dalam rangka monev KKM Mandiri pada tanggal 28 Januari 2016, Rektor Untirta beserta jajarannya melakukan kunjungan ke Lokasi KKM Mandiri tahun 2016..