KKN napak tilas Universitas Hasanudin Kunjungi Untirta

(di kutip dari untirta.ac.id)

Universitas Sultan Ageng Tirtayasa pada tanggal 26-092016 kedatangan rombongan mahasiswa/i makasar yang sedang KKN Napak Tilas Syeh Yusuf Universitas Hasanudin Makasar, syeh yusuf sebagai pahlawan makasar yang pernah sama-sama berjuang dengan Sultan Ageng Tirtayasa dalam mengusir Belanda dari tanah air, untuk itu mahasiswa/i Universitas Hasanudin (UNHAS) dateng ke propinsi Banten untuk mengetahui napak tilas Syeh yusuf selama diBanten. Dalam acara tersebut yang dipandu oleh Aedy Nurachman SE. MM melaporkan kedatangan mahasiswa/i UNHAS Makasar dalam rangka KKN napak Tilas ke Propinsi Banten dan berkunjung ke Kampus Untirta sebagai rangkaian kegiatan mencari dan menggali data tentang napak Tilas Syeh Yusuf sekaligus ajang silaturahmi ke Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Dalam kesempatan tersebut Wakil Rektor Bidang Kerjasama Prof. Dr. Kartina, MP dalam penyampaian sambutannya mengucapkan selamat datang untuk mahasiswa/i Unhas di kampus Untirta Propinsi Banten, selanjutnya beliau menceritakan tentang Untirta dan beberapa fakultas dan prodi yang ada di Untirta, dan mohon doa restunya akan segera dibangun kampus Untirta masa depan yang bertempat di Sindang Sari Kabupaten Serang, Beliau menjelaskan kepada mahasiswa/i Unhas tentang sejarah Bandara soekarno-Hata, Situs Budaya Taman Ujung Kulon, tentang suku baduy, dan lainnya, beliau dapat amanah dari Rektor Untirta karena tidak bisa hadir dalam acara ini dan Rektor Untirta mengucapkan selamat datang dan salam hangat untuk mahasiswa/i Unhas.

Selanjutnya Sambutan yang disampaikan oleh Wakil Rektor Bidang Akademik Dr. H. Fatah Sulaeman ST. MT menceritakan tentang adanya hubungan antara Banten dan Syeh Yusuf, karya syeh Yusuf sampai afrika selatan, semoga kedua propinsi antara Banten dan Makasar bisa saling memberi masukan tentang kedua pahlawan nasional ini untuk lebih jauh mengenalnya dan bermanfaat bagi generasi penerus selanjutnya. Beliau mengucapkan selamat datang kepada mahasiswa/i UNHAS semoga dalam kunjungannya diberikan kemudahan dalam menggali dan mengolah data dalam rangkaian kegiatan KKN Napak Tilasnya.

Selanjutnya sambutan Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan menyambut baik dan merasa senang dikunjungi mahasiswa/i UNHAS, beliau memaparkan dengan KKN Napak Tilas ini salah satu pelajaran sejarah atau sebutan Jas Merah artinya jangan melupakan Sejarah, semoga kunjungan ke Untirta ini penguat silaturahmi kedua Universitas.

Selanjutnya sambutan yang disampaikan oleh mahasiswa/i Unhas yang diwakili salah satu mahasiswinya memaparkan bahwa kunjungannya ke Banten dari hari sabtu tanggal 24 september 2016, salah satunya yang dikunjungi ke makam Sultan Hasanudin banten dibanten lama, ke kampus IAIN serang,rencana terakhir mau mengunjungi di kampus UNIS Tanggerang, kedatangan mahasiswa/i untuk menggali data dan informasi tentang pengaruh Syeh Yusuf di Banten dimasa kejayaan dan keemasan banten, Penting sekali buat mahasiswa/i UNHAS dalam mencari data-data dan berguna untuk laporan dalam kegiatan KKN Napak tilas, serta berguna untuk pemuda/i untuk meneladani beliau dengan kepemimpinannya dan akan dibuat buku hasil dari napak tilas ini, untuk itu saya ucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu penelitian mahasiswa/i Unhas dan beriterimaksih kepada Universitas Sultan Ageng Tirtayasa yang menyambut kedatangan dan banyak memberikan informasi yang berguna.

Pada sambutan terakhir yang disampaikan oleh perwakilan LPPM, bapak Hadi Setiawan ST. MT menceritakan di Universitas Sultan ageng Tirtayasa ada beberapa nama KKM diantaranya, KKM Revolusi Mental, KKM Tematik, KKM PUPR, KKM Pondok Pesantren, Dengan adanya KKN Napak Tilas dari Unhas kita dari Untirta bisa belajar tahu tentang nama kebesaran pahlawan nasional khususnya Napak Tilas Sultan Ageng Tirtayasa agar para mahasiswa/i Untirta tahu sejarah tentang Sultan Ageng Tirtayasa, dan Untirta bisa melakukan Kunjungan Balasan. Diakhir acara pihak Untirta dan UNHAS saling menukar cindera mata. ( Anas-Humas).

Berita Terkait