Pelepasan KKM Tematik dan Kebangsaan Untirta Tahun 2021

Diposting pada

Serang, 16 Juli 2021 – Untirta melaksanakan pelepasan KKM Tematik dan KKM Kebangsaan Tahun 2021 secara daring. Sebanyak 1136 mahasiswa peserta KKM Tematik dan 5 peserta KKM Kebangsaan dari Untirta beserta Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) hadir pada kesempatan tersebut. Tema KKM tahun ini yaitu “Kreatif membangun daerah melalui pemanfaatan teknologi”. Tahun ini juga Untirta bekerjasama dengan Satgas Covid19 untuk menjalankan program gerakan duta perubahan perilaku.

Korpus KKM Untirta Dr. Suwaib Amiruddin, M.Si menyampaikan bahwa Untirta diberikan kesempatan untuk mengirimkan 5 orang delegasi yang telah melewati seleksi yang akan diselenggarakan di Provinsi Jambi untuk mengikuti KKM Kebangsaan. KKM tahun ini dilaksanakan secara online. Kita mendapatkan tamu dari satgas covid 19, “Dewan Pengurus Pusat Satgas Peanganan Covid19 Dr. Sonny Harry B. Harmadi eserta tim akan memberikan materi tentang duta gerakan perubahan perilaku”, ujarnya. Dr. Suwaib juga mengatakan agar peserta mampu mengeksistensikan diri sebagai duta gerakan perubahan perilaku.
Ketua LPPM Dr. Rusmana, Ir., MP menyampaikan Untirta siap melaksanakan mandat untuk duta gerakan perubahan perilaku dari satgas covid19 pusat. “Saya mengapresiasi seluruh kinerja panitia atas usaha kerasnya dalam melaksanakan KKM pada tahun ini”, ujarnya. Ia menambahkan bahwa seluruh masyarakat harus serius dalam penanganan covid19 khususnya pada era PPKM saat ini. “Nanti setelah dilepas Pa Rektor, masih ada materi gerakan perubahan perilaku, otomatis seluruh peserta kkm adalah sebagai duta perubahan perilaku khususnya dalam penanganan covid19”, imbuhnya. Ia juga menambahkan bahwa komunikasi dan kreatifitas di tuntut di era saat ini seperti permintaan informasi awal meminta contak person Desa, dll. “Kami mengucapkan terimakasih atas dukungan dari sivitas akademika Untirta untuk mensukseskan kkm ini”, ujarnya.
Rektor Untirta Prof. Dr.Ir. H. Fatah Sulaiman, ST., MT mengatakan bahwa ini merupakan pembuktian kontribusi dari Untirta dalam memberikan solusi bagi masyarakat dalam mengjadapi covid 19. ” Peserta KKM diharapkan memberikan pencerahan kepada masyarakat terkait PPKM dan pemanfaatan teknologi informasi”, ujarnya. Ini merupakan contoh kecil yang dapat dilaksanakan di lokasi KKM. “Kehadiran Untirta Jawara lewat media KKM tematik dan kebangsaan ini menjadi pembuktian mampu memberikan solusi bagi masalah yang ada di masyarakat”, imbuhnya. Untirta hadir untuk Banten, Nusantara dan Dunia.

Wahyudin perwakilan peserta KKM kebangsaan menyampaikan bahwa sudah berkoordinasi dengan peserta yang lain dan dengan Kampusnyang ada di Provinsi Jambi untuk prlaksanaan KKM Kebangsaan. “Mohon do’anya bagi kami delegasi Untirta Banten dapat memberikan dampak dan manfaat positif dalam melaksanakan KKM Kebangsaan ini”, harapnya.
Dian Permata Sari peserta KKM Tematik menyampaikan bahwa sudah berkoordinasi dengan Desa, kendalanya terkait jaringan di desa saja.
Sonny Harmadi Satgas covid19 menyampaikan bahwa gerakan duta perubahan prilaku bertugas menjadi teladan, mampu mengedukasi masyarakat, membantu posko Desa posko Kelurahan untuk membuat bahan edukasi covid19, dan melaporkan di apkikasi yang telah disediakan. “Manfaatkan juga instagram @satgasperubahanperilaku sebagai bahan edukasi perubahan perilaku masyarakat”, ujarnya. Intinya kita mencegah masyarakat Indonesia jangan sampai tertular covid19.(angga)